Bank Jago

Edukasi Keuangan Bank Jago Sambut Ramadan: Promosi Pengusaha Lokal dan Kolaborasi dengan Influencer

Edukasi Keuangan Bank Jago Sambut Ramadan: Promosi Pengusaha Lokal dan Kolaborasi dengan Influencer
Edukasi Keuangan Bank Jago Sambut Ramadan: Promosi Pengusaha Lokal dan Kolaborasi dengan Influencer

Jakarta - Menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri, PT Bank Jago Tbk mengedepankan pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak, baik untuk pribadi maupun usaha. Upaya ini direalisasikan melalui serangkaian kegiatan edukasi keuangan yang diikuti oleh ribuan pengusaha lokal dari berbagai penjuru Indonesia. Kampanye ini merupakan bagian dari gerakan "Beragam Cara untuk Kebaikan di Bulan Ramadhan" yang diusung Bank Jago, Rabu, 5 Maret 2025.

Pelaksanaan edukasi keuangan ini dilakukan dalam beberapa sesi, baik secara offline maupun online melalui platform media sosial. Bank Jago tidak hanya berfokus pada edukasi, tetapi juga mendorong masyarakat untuk membelanjakan uang secara bijak dengan memprioritaskan kebutuhan pokok dan mendukung produk lokal. Waasi Sumintardja, Head of Sharia Business Bank Jago, menyampaikan pentingnya pengelolaan keuangan selama bulan suci ini.

“Pengeluaran pribadi dan keluarga cenderung meningkat selama Ramadan dan Lebaran. Ada kebutuhan tambahan dan kebiasaan belanja impulsif yang sulit dihindari. Terutama bagi yang memiliki usaha sampingan, arus kas bisa menjadi tersendat karena ada kewajiban membayar tunjangan dan memastikan ketersediaan bahan baku,” ungkap Waasi di sela acara buka puasa bersama media, Selasa, 4 Maret 2025.

Kolaborasi dengan Influencer untuk Jangkauan Lebih Luas

Untuk memperluas jangkauan edukasi keuangan, Bank Jago menggandeng sejumlah influencer ternama seperti Ayu Ting Ting, Ferry Irwandi, Andovi Da Lopez, dan Gilang Baskara. Mereka terlibat dalam sesi live shopping di akun TikTok @jadijago, bertujuan mengedukasi masyarakat tentang kondisi ekonomi dan pengelolaan keuangan, serta mendorong dukungan terhadap pengusaha lokal.

“Mereka bergabung dalam live shopping di akun TikTok @jadijago untuk memberikan edukasi dan mempromosikan produk-produk lokal unggulan. Mereka tidak hanya mendukung pengusaha lokal, tetapi juga ikut membangkitkan perekonomian nasional,” ujar Waasi.

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 24 pengusaha lokal terpilih mendapatkan kesempatan untuk promosi melalui live shopping bersama para influencer di TikTok @jadijago pada 17-28 Februari 2025. Ayu Ting Ting menyatakan kegembiraannya bisa berpartisipasi dalam kampanye ini. “Saya senang bisa ikut kampanyenya Bank Jago yang mendukung pengusaha lokal agar lebih maju dengan pengelolaan keuangan yang bijak. Saya harap lewat kegiatan ini, pengusaha lokal semakin sukses, terutama di bulan berkah ini,” ujar Ayu.

Dampak Positif Bagi Pengusaha Lokal

Kampanye yang dilakukan Bank Jago mendapatkan respons positif dari para pengusaha lokal yang merasa lebih memahami cara mengelola keuangan dengan baik, terutama dengan aplikasi Jago. Muhammad Budi Utama, pendiri brand fashion muslim Hikayat Collection dan Kalian.id, menyatakan bagaimana kampanye ini mempengaruhi penjualannya.

“Setelah ikut live shopping Bank Jago, penjualan kami melonjak luar biasa, meningkat hingga 19 kali lipat dari rata-rata penjualan harian. Responsnya sangat positif karena jangkauan pemasaran semakin luas ke kota-kota di luar Pekanbaru,” ujar Muhammad.

Budi merasa sangat terbantu dengan fitur Kantong di Aplikasi Jago Syariah yang membantunya mengelola keuangan usaha dan arus kas. “Dengan prinsip syariah, saya merasa lebih nyaman dalam bertransaksi sesuai nilai-nilai yang saya anut,” tambahnya.

Lucia Angelika Sugeng, pengusaha sambal "Dapoer Kuno" asal Surabaya, juga merasakan keuntungan besar dengan partisipasinya. “Ikut live shopping Jago dan Jago Syariah meningkatkan penjualan kami pesat dan bahkan follower akun TikTok Dapoer Kuno bertambah lebih dari 1.000 dalam semalam. Saya jadi memanfaatkan Aplikasi Jago untuk menyimpan dana keuntungan usaha," ungkap Cik Jun.

Dengan strategi cerdas dan kolaborasi unik ini, Bank Jago berharap semakin banyak masyarakat yang lebih bijak dalam pengelolaan keuangan, sekaligus mendukung pertumbuhan pengusaha lokal di Indonesia. Kampanye tersebut tidak hanya bertujuan edukatif, tetapi juga mengapresiasi dan mempromosikan usaha-usaha lokal yang berpotensi besar membangun perekonomian nasional.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index