Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi nasabahnya. Untuk mencapai hal tersebut, BSI baru-baru ini menandatangani perjanjian kerja sama strategis dengan PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo). Kerja sama ini bertujuan untuk mengoptimalkan layanan syariah BSI dan memudahkan akses perbankan bagi pegawai Sucofindo.
Direktur Sales & Distribution BSI, Anton Sukarna, menjelaskan bahwa kolaborasi dengan Sucofindo meliputi berbagai bidang, mulai dari inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan, hingga konsultasi. Langkah ini merupakan bagian dari strategi BSI untuk memastikan kualitas layanan BSI tetap terjaga. "Sucofindo juga menjadi mitra strategis untuk BSI dalam menjaga kualitas bisnis dan pelayanan yang optimal. Kolaborasi ini akan membantu BSI dalam implementasi dan Sertifikasi ISO 37001, standar Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP)," kata Anton dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, 4 Maret 2025.
Dalam kemitraan ini, BSI akan menjadi bank payroll untuk pegawai Sucofindo dan menawarkan layanan pembiayaan syariah yang dapat diakses oleh seluruh karyawan perusahaan tersebut. Tidak hanya itu, BSI juga menyediakan berbagai layanan seperti jasa dan produk treasury, custodian, global market, trade finance, dan cash management system yang bisa diakses oleh Sucofindo sebagai entitas perusahaan.
Lebih lanjut, Anton menjelaskan bahwa Sucofindo akan mendukung BSI dalam jasa konsultasi due diligence, pemeriksaan kelaikan dan sertifikasi laik fungsi gedung, pengujian kualitas dan kuantitas barang jaminan, serta pengawasan pembangunan gedung. Selain itu, kerja sama ini juga mencakup pendampingan di bidang keamanan siber, peta jalan IT, serta pusat pemulihan bencana (disaster recovery center).
"Dengan adanya komitmen kerja sama ini, BSI bersama Sucofindo sepakat memperluas pangsa pasar syariah dalam hal implementasi layanan syariah yang bisa diakses oleh pegawai Sucofindo," terang Anton.
Kerja sama ini juga sejalan dengan langkah BSI untuk memperkuat layanan kepada lebih dari 21 juta pelanggan di seluruh Indonesia. BSI kini memiliki lebih dari 1.000 kantor cabang yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Selain itu, BSI juga gencar mendorong layanan digital dengan platform seperti BYOND by BSI, BSI Net, dan BSI Agen yang sudah mencapai lebih dari 110 ribu, serta layanan call center BSI Call 14040 yang beroperasi 24 jam.
"BSI hadir sebagai warna dan energi baru untuk Indonesia. Dengan jumlah nasabah yang terus berkembang, BSI harus mampu menjawab kebutuhan nasabah yang semakin dinamis ini," lanjut Anton. "Kami membutuhkan sinergi dan kolaborasi seluruh pihak untuk senantiasa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia," tambahnya.
Langkah ini menunjukkan bahwa BSI tidak hanya fokus pada ekspansi layanan dan jangkauan nasabah, tetapi juga memastikan bahwa setiap aspek dari perkembangan perusahaan didukung oleh komitmen pada kualitas dan integritas. Kolaborasi dengan Sucofindo menjadi salah satu tonggak penting dalam upaya BSI untuk mengukuhkan posisinya sebagai bank syariah terdepan di Indonesia, yang bersiap menyongsong kebutuhan perbankan di masa depan dengan solusi dan layanan yang inovatif serta terpercaya.
Melalui kerja sama ini, BSI berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan penetrasi ekonomi syariah di Indonesia, sekaligus membangun ekosistem perbankan yang inklusif, berkelanjutan, dan sesuai dengan prinsip syariah. Dengan berbagai inovasi dan kolaborasi strategis, BSI optimistis dapat terus bertumbuh dan memberikan yang terbaik bagi perekonomian Indonesia.